Pages

Monday, March 17, 2014

Through the Journey Chapter 5. Kunyil Pesek Rempongwati

Salah satu pose cantiknya, katanya "biar Kanya cantik kelihatan imut Te...ini gaya imut" (-,-")a

Sejak kereta baru sampai di Kepanjen, adik saya dan Kanya (keponakan bungsu) sudah ribut telepon, bbm, sms. Belum juga 2 menit sudah tanya lagi,
"Sampai mana?"
"Keretanya suruh dorong aja Yed, lama amat. Nih Pesek udah rempong mulu"
Hahahaha

Awalnya saya berniat naik angkot saja sendiri dari stasiun, tapi adik dan keponakan ngotot mau menjemput, haaahhh serasa ibu Negara wae wkwkwkwk
Adik   : "Gak, Yed! Aku yang jemput ya! Pokoknya pagi aku udah stand by"
Kanya : "Aku ikuuuuuuuttttttttt....Ya Te ya...Tante Atiek...aku ikut jemput Ate Dydy ya?!"
Adik   : "Duuuhhh, rempong banget ini anak tikus, hadeh Yeeeddd!!!"
Kanya : "Hahahaha...Tante Atiek ini enak aja aku dibilang anak tikus. Aku Kanya cantik kok ya Ate Dydy yaaaa..."
Saya sudah tidak bisa menjawab, terpingkal-pingkal sampai dilirik sama penumpang lain. Dikira orang stress gegara kelaparan dan lamanya perjalanan kali wkwkwkwk.

Kanya memang baru berusia 4 tahun tapi dia dewasa. Fisik, kepribadian, pemikirannya mixing antara saya, adik saya, dan ibu. Sama sekali tidak ada kemiripan dengan ibu dan ayahnya.
Entah bagaimana bisa seperti itu. Dia cerdas, energik, cekatan, ceriwis, ketus, bawel, jutek, dewasa, bijak, jail, konyol, keras kepala tapi telaten, ekspresif, banci kamera dan tentu saja Cantik walau pesek, seperti yang biasa ia ucapkan di akhir kalimatnya "Aku Kanya Cantik".

Sejak usia 2 tahun, Kanya tinggal bersama kami, sebenarnya kakak dan mas-nya juga karena kedua orang tuanya super sibuk (entah sibuk apa) sehingga perawatan mereka terbengkalai (*benar-benar tidak bisa dicontoh). Tapi ibu dan ayah mereka mengambil paksa dan membuat ulah sehingga terjadi insiden terhadap ibu yang sampai detik ini pun saya masih belum bisa menemukan alasan bagaimana bisa mbak saya setolol itu.

Well, let's close that case! Selesai tentang mereka.
Kembali ke Kanya.

Kami paham betul Kanya jago makan dan ngemil, sehingga adik berinisiatif membawa bekal roti, beragam snack, dan air mineral dalam satu kantong plastik besar. Subhanallah beneeerrrrr (x_x")a..
Menurut cerita adik saya via bbm, di sepanjang perjalanan Kanya sudah mulai menghabiskan bekal-bekal itu sambil terus bernyanyi di boncengan depan dengan cerianya.

"Haduh Yed, sumpah kayak penuh kupingku. Ribut banget nih anak tikus wkwkwkwk. Capek, nyanyi makan ... makanan habis, sholawatan ... capek lagi, minum ... selesai minum, ngoceh, nanya-nanya ini itu trus baca Al-Fatihah ... ngemil lagi sambil baca doa ngaji ... minum lagi trus ngigel nyanyi oplosan. Ampun beneeerrr... aku bawa bekalnya banyak, yakin deh nyampe stasiun pasti abis duuhh...wkwkwk", terang adik saya saat memberi kabar bahwa mereka sedang dalam perjalanan.
"Hahahaha, Ya wis Ming, Ati-ati nyetirnya jangan sambil telpon!", ujar saya.
Semilir terdengar, "tutupen botolmu, tutupen oplosanmu, emanen nyawamu... Eh Te... Ate... iku Ate telpon sopo?"
"Bukan sopo-sopo, dih rempong" jawab adik saya sekenanya.
"Aaaaaahhh Tante Atiek bo'oooonnnggggg xixixixi. Telpon Ate Dydy khaaaannn??!!! itu Ate Dydy ya? Ate Dydy nyampe mana?", tebak dan tanya Kanya dengan nada genitnya yang menyebalkan hahaha.
"Au ah.. ribut aja deh, udah adek nyanyi aja sanaaaa..! Duh, udah ya Yed, nanti bbm kalo udah nyampe ya, rempong banget nih bocah"

Tawa saya kembali tidak bisa ditahan, duuuuhhhh kangen banget sama mereka berdua. Mana yang bocah beneran mana bocah-bocahan kadang tidak jelas perannya hahaha. Adik saya kalau sudah muncul bocahnya juga suka GJ banget.
Adik     : "ini ibukuuuuu...!!!!" sambil memeluk ibu
Kanya   : "Iki Atikuuuuuu, Ateeeee!!!" sahut Kanya dengan kencangnya
Adik     : "Yeeeeeee, ibuku kookk. Ibumu di Sidoarjo sana lho, sana adek pulang aja ke ibunya sana! Awas jangan pegang-pegang, ini ibuku!"
Kanya   : "WOooooo, Emooohh yooooo, aku ga mau sama ibu, ibuku jahat mukul Ati. Kanya satu-satu dewe-dewe sama Ati disini koookkk" (*maksudnya : Kanya satu-satunya yang tinggal disini sendiri sama Ati-kalimat itu meluncur begitu saja tanpa ada yang mengajarkan, karena dia menyaksikan perlakuan ibunya ke neneknya)

Memang tujuannya untuk bercanda, tapi MasyaAllah ributnya sampai teriak-teriak. Jagagagagag...tapi justru itulah yang membuat meriah dalam keluarga kami.

Notif bbm berbunyi, ternyata dari adik saya yang mengabarkan bahwa mereka sudah sampai di stasiun. Tapi kereta yang saya tumpangi masih juga belum beranjak meninggalkan stasiun Kepanjen. Duuuuhhhh, lamaa sekali rasanyaaaa... Yaa Allah ... w(T^T)w
Adik    : "Payeeeeeeeddddddddd.... Ya ampuuunnn Yeeeeeeeddddd!!!!!!!!!"
Saya    : "Opo to Ming? Bengak bengok" (*Apa sih Ming, teriak-teriak)
Adik    : "Masih lama ya? ni anak tikus ribet mulu. Beneran khan apa kataku, snacknya abis dech begitu sampai sini. Tau sendiri ni bocah kalau mulutnya kosong pasti bawel. Ini tadi aja aku beliin jajanan lagi, udah habis ote-ote 2 biji, gorengan apa aja, trus aku ajak mampir maem karena bilang laper. Padahal tadi roti, snack sekantong plastik gede udah diabisin sendiri. Minumnya juga udah hampir abis (>,<) Ya ampun Yeedd"
Saya    : "Wkwkwkwk...udah beliin batagor atau cilok atau apa gitu buat nyumpal bawelnya. Ni kereta lansir agak lama kayaknya, kereta ke Banyuwangi belum juga lewat"
Adik    : "Ahaaaa...aku tau...dibeliin cilok aja, khan kenyal tuh, susah ngunyah khan, biar lamaan rem bawelnya."
Saya    : "Astaghfirullah al adziim...wkwkwkwk...jahate...!!!"
Adik    : "Wkwkwkwk biarin hahahahaha...Eh Yed, Hadeeeehhh ... tau ga?"
Saya    : "Ga?"
Adik    : "Payeeeeeedddd....."
Saya    : "Hahahaha...."
Adik    : "Kunyil pesek ini tadi nanya gini,
               'Te... Ate Dydy sampe mana?'
               'Kepanjen Dek'
               'OOoooo...Kepanjen itu mana?'
               'Udah deket'
               'OOoooo...tapi kok ga dateng-dateng yo?!'
               'Keretanya macet'
               'OOoooo...macet, kenapa Te?'
               'Ya Allah, adeeekk!! Gantian jalan itu keretanya. Hayo tanya lagi kenapa gantian gitu! jitak sini'
               'Hahahaha...gaaaaaakkkk kooookkkkkk'
               Trus dia diem Yed, masukkin ote-ote ke mulut. Eeeee ga lama dia nanya lagi
               'Te..!'
               'Hmm?'
               'Aku kenapa ga boleh nanya?'
               Ga aku jawab, langsung sisa ote-ote aku masukkin mulutnya, eh dia ngakak hahaha"
Saya    : "Yaa Allah, jahateeee... wkwkwk...kenapa ga kamu bawain CTM aja sih biar tidur..#ehh salah yo?! wkwkwk"

Obrolan kami via bbm terus berlanjut seiring mulai berjalannya kereta hingga setengah jam kemudian saya sudah sampai di stasiun Malang Kota Baru.
Segera saya menghambur keluar ketika kereta sudah benar-benar berhenti. Duhh kangennya sudah tidak tertahankan. *\(^o^)/*
Waahhh melihat wajah sumringah mereka berdua seketika membuat letih saya karena perjalanan jauh hilang musnah *cliing*

Adik    : "Selalu deh kalo pulang kayak pindahan, ini barang apaan aja sih? Sulak? Yaa Allah, jauh-jauh dari sana bawa sulak? Kayak di Malang ga ada aja Yeeddd" (*sulak : pembersih debu dari bulu ayam)
Saya    : "Mainannya ibu hahaha, ibu yang beli itu dari bulan Juni tahun kemarin baru sempat kebawa. Udah biarin yang penting ibu seneng"
Kanya  : "Ate..Ate...aku bonceng tengah sama Ate Dydy ya?!"
Saya    : "Iya Nak, sini turun dulu ditata dulu bawaannya biar ga ribet ya!"
Kanya mengangguk sambil turun dengan girangnya.
Saat semua sudah tertata rapi dan kami mulai melanjutkan perjalanan, di tengah jalan Kanya masih saja bernyanyi dengan berisiknya. Tapi tiba-tiba dia berhenti dan menoleh pada saya sambil berbisik...
Kanya  : "Ate..Ate.."
Saya    : "dalem, Nak?"
Kanya  : "Aku laper, aku belum maem"
Alis saya seketika terangkat, adik saya melirik dari spion sambil mencibir dan menarik nafas panjang begitu mendengar bisikan Kanya.
Saya    : "Yaa Allah, kasian banget se Nak! (*pasang tampang kaget) Emang Tante Atiek ga bawa camilan?"
Kanya  : "Bawa, dikit"
Saya    : "Ga diajak mampir maem?"
Kanya  : "Nggak... eh diajak sih, tapi khan udah tadi pagi", dan wajahnya datar seperti benar-benar lapar.
Adik dan saya beradu pandang lewat spion... dan langsung tergelak sampai mbrebes mili ... Sudah tadi pagi katanya, padahal baru dua jam yang lalu...wkwkwkwk... Duh Peseeekkkkk cintanya Ateeee....


Ekspresi agak marah karena keduluan kakaknya memeluk saya sewaktu saya baru sampai di rumah, lebaran tahun lalu. Obatnya...foto yuuuukkk....!!!

Gaya semaunya, tanpa bisa dilarang

"Ate, aku mau gaya manis"... *maksud?? (-,-")

"Aku jualan bross Te, nanti kalo jualan gini, bagus khaaann!!!!"

salah satu kesukaannya kalau saya pulang adalah "ngasih kerjaan Ate buat nguncir cantik rambutku setiap abis mandi" w(>,<)w

Sama mas Bagas yang kalem. Ate miss you, Le! Sehat, baik-baik disana ya! (T^T)

Genitnya, itu pose tanpa diarahin sama sekali

Jelong-jelong ke Alun-alun Kota Batu, lebaran tahun lalu

No comments:

Post a Comment